Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 30 Desember 2011

Keajaiban Doa dan Tata Cara Berdoa Diijabah

Berdoa adalah inti ibadah, demikian sabda Rasulullah SAW. Berdoa adalah sebagian tanda kesempurnaan syahadah seorang muslim. Pada saat seorang muslim mengucapkan dengan yakin: asyhadu an laa ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan Rasulullah, maka ia mengakui secara sadar bahwa dia hanyalah makluk kecil dan tak berdaya, hanya bisa hidup dan bertindak atas kehendakNya masuk surga atas rahmatNya dan masuk neraka atas laknatNya.
Sejarah banyak mencatat bahwa telah terjadi keajaiban-keajaiban pada saat hamba-hamba Allah terjepit dan terberdaya oleh kenyataan hidup, namun bisa melepaskan diri dari mara bahaya dan menemukan jalan keluar. Semua dapat mungkin karena rahmat Allah SWT yang bisa diketuk dengan doa.
Contoh peristiwa-peristiwa keajaiban karena doa:
1. Ketiba Dawud AS sedang terjepit dalam medan perang oleh Jalut dan pasukannya, Dawud hanya pasrah dan berdoa:" Rabbana afrigh 'alaina shabran watsbbit aqdamana wanshurna 'alal qaumil kafirin
Ya Tuhan kami, limpahkanlah kepada kami kesabaran dan menangkanlah kami atas orang-orang kafir.
Atas berkat rahmat Allah akhirnya Dawud beserta orang mukmin selamat dari kehancuran dan memperoleh kemenangan.
2.Ketika zakaria AS sudah tua renta dan belum punya anak dan segala upaya sudah diusahakan namun belum memiliki keturunan, maka dengan segala kepasrahan kepada-Nya, Zakaria berdoa: "Rabbi la tadzarni fardan wa anta khairul waritsin" Ya Tuhanku, jangan biarkan saya hidup sendirian dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi warisan.
Atas izin Allah SWT, istri Zakaria mengandung dan melahirkan bayi laki-lak yang diberi nama Yahya yang kemudian kelak menruskan perjuangan ayahnya dipilih Allah SWT sebagai Rasul.
3. Ketika Namrud bersuka ria sambil menyaksikan pesta pembakaran Ibrahim AS, tiba-tiba dia harus bungkam karena kobaran api dari beribu-ribu kayu tak mampu menggosongkan tubuh Ibrahim atas ijin Allah SWT: Ya naru kuni bardan wasalaman 'ala Ibrahin: Hai api, jadilah engkau api yang sejuk dan menyelamatkan kepada Ibrahim" 
TATACARA DOA AGAR DIKABULKAN
1.Dalam keadaan suci
salah satu adab berdoa adalah sedang dalam keadaan wudhu,khususnya berdoa setelah shalat.
Imam Ja'far Ash-Shadiq (sa) berkata kepada Musammi: wahai musammi, apa yang menghalangi seseorang ketika ia berada dalam kesengsaraan duniawi untuk berwudhu lalu pergi ke masjid, kemudia melakukan shalat dua rokaat lalu lalu berdoa kepada Allah di dalamnya? Aku mendengar Allah SWT berfirman: "Mohonlah pertolongan dengan kesabaran dan shalat (Tafsir Al-Ayyasyi 1:3)







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar