Cari Blog Ini

Rabu, 14 Desember 2011

Ciri-Ciri Mati Khusnul Khotimah

Alquran menjelaskan bahwa yang namanya makhluk hidup semua akan mengalami kematian termasuk manusia. Cuma masalahnya apakah manusia itu akan mati dalam keadaan khusnul khotimah (baik) atau mati dalam keadaan suul khotimah (buruk).

Kalau ditanyakan kepada kita kami yakin semua ingin mati dalam keadaan khusnul khotimah (baik) yang insyallah akan dimasukkan ke dalam surganya Allah SWT. Orang yang selalu menempuh jalan kebaikan insyaallah dia akan mati dalam keadaan khusnul khotimah tapi kalau sering menempuh jalan yang dilarang oleh Allah SWT jangan terlalu berharap akan dapat mati dalam keadaan khusnul khotimah malah bisa-bisa dia akan mati dalam keadaan suul khotimah (buruk).

Seperti apa sebenarnya ciri-ciri orang yang mati dalam keadaan khusnul khotimah?
Dalam hadist dijelaskan paling tidak ada 4 ciri-ciri mati khusnul khatimah:

1. Ketika menjelang ajal menyebut asma Allah
Dalam hadist dijelaskan "barang siapa menyebut Lailaahaillallah meninggal maka akan masuk surga"

2. Meninggal Dunia Dalam Keadaan Ibadah
Diceritakan pada suatu hari Ali bin Abi Thalib buru-buru ke masjid dengan seorang kakek-kakek untuk shalat subuh berjamaah, ketika masuk masjid ternyata shalat subuh berjamaahnya sudah selesai. Kemudian Ali berjamaah dengan kakek tersebut. Ketika shalat sudah selesai dilihatnya kakek itu dalam keadaan sujud dan ternyata sudah meninggal. Kemudian ditanyakan kepada Rasul, beliau menjawab kakek itu mati khusnul khatimah.

3. Dilihat dari hari kematiannya
Dijelaskan orang yang meninggal pada hari jumat maka dia meninggal dalam keadaan khusnul khotimah

4. Dilihat dari fisiknya ketika meninggal
Dijelaskan ketika meninggal dunia wajahnya terlihat bersih, tenang, dan damai. Maka ciri tersebut menjadi salah satu ciri bahwa orang tersebut mati dalam keadaan khusnul khotimah (wallahu a'lam)

Semoga kita semua dapat mendapatkan mati dalam keadaan khusnul khatimah dan dihindarkan mati dalam keadaan suul khotimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar